Surat Pembaca

Jangan Tergantung Vaksin

blank
Bagikan di media sosialmu

Wacana-edukasi.com — Saat ini dunia tengah berjuang melawan pandemi covid-19. Para ilmuwan dan peneliti mencoba cara terbaik untuk mengembangkan vaksin yang efektif melalui beberapa tahap uji coba. Pemerintah pun tengah menyiapkan dua skema untuk program imunisasi massal vaksin covid-19. Program pertama, pemberian vaksin covid-19 secara gratis. Program kedua, masyarakat dalam kategori mampu akan dikenakan biaya jika ingin disuntik vaksin covid-19.

Tentunya, masyarakat berharap pemerintah akan menyediakan vaksin covid-19 secara gratis bagi seluruh warga negara. Pasalnya, hal tersebut menjadi bukti bahwa peran negara hadir dalam memberikan hak atas kesehatan bagi warganya. Akan tetapi, pemerintah perlu juga memastikan bahwa vaksin covid-19 yang akan diberikan kepada masyarakat bisa efektif dan tepat sasaran dalam penyalurannya. Agar tidak terjadi karut marut seperti pada kasus bantuan sosial sebelumnya. Tidak lupa perihal kehalalan vaksin harus diprioritaskan, mengingat mayoritas warga negara Indonesia adalah Muslim yang sangat memperhatikan kehalalan sebuah produk.

Namun sangat disayangkan, apabila pemerintah tetap berniat melepas vaksin covid-19 ke pasar untuk dibeli masyarakat. Hal tersebut akan semakin membebani masyarakat di tengah kesulitan ekonomi akibat pandemi. Sehingga pemerintah perlu melakukan penetapan patokan harga yang wajar. Agar tidak terjadi kenaikan harga yang terlampau tinggi sebagaimana pada masker dan hand sanitizer di awal-awal pandemi.

Sudah sepatutnya, pemerintah tidak mengandalkan ketersediaan vaksin sebagai satu-satunya solusi dalam mengakhiri pandemi covid-19. Upaya karantina/lockdown, penerapan protokol kesehatan 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan), serta pelaksanaan program 3T (testing, tracing, dan treatment) tetap harus dilaksanakan secara maksimal.

Nurul Aqidah, Bogor Jawa Barat

Disclaimer

Wacana Edukasi adalah sarana edukasi masyarakat. Silakan kirimkan tulisan anda ke media kami. Wacana Edukasi akan melakukan seleksi dan menayangkan berbagai naskah dari Anda. Tulisan yang dikirim bisa berupa Opini, SP, Puisi, Cerpen, Sejarah Islam, Tsaqofah Islam, Fiqih, Story Telling, Olah raga, Kesehatan, Makanan, ataupun tulisan lainnya. Tulisan tidak boleh berisi hoaks, mengandung SARA, ujaran kebencian, dan bertentangan dengan syariat Islam. Tulisan yang dikirim sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis.

blank

Hits: 1

Comment here