Syiar IslamTabligul Islam

Islam Memuliakan Perempuan

blank
Bagikan di media sosialmu

Oleh: Nur Hanna (Pegiat Literasi)

Wacana-edukasi.com — Perempuan merupakan salah satu makhluk Allah yang mempunyai begitu banyak keistimewaan. Ia memiliki sifat, karakter, poster tubuh, dan penampilan yang berbeda dengan seorang lak-laki.
Tercipta dari tulang rusuk yang bengkok, akan patah jika terlalu keras menekannya. Namun, tidak akan lurus jika terlalu lembut ataupun membiarkannya.

Pada zaman jahiliah (sebelum Islam datang), di tanah Arab, setiap bayi perempuan yang lahir akan dibunuh dengan cara dikubur hidup-hidup. Sebab, setiap anak perempuan yang lahir dianggap tidak berguna dan membawa aib bagi keluarganya. Jika ia dibiarkan tumbuh dewasa hanya akan dijadikan pemuas sahwat saja.
Begitu rendah dan hinanya kedudukan seorang perempuan di masa jahiliah. Diperlakukan dengan tidak adil dan sangat dibatasi aktivitasnya.

Islam datang dengan cahaya kebenarannya. Yang dibawa oleh Rasullullah utusan Allah, sebagai nabi terakhir penyempurna agama sebelumnya. Islam sangat memuliakan seorang perempuan, menghapuskan pembunuhan, penghinaan terhadap perempuan. Kedudukannya di mata Allah adalah sama dengan seorang lak-laki. Adapun perbedaan hanyalah hak dan tugasnya. Bahkan, Islam menyuruh perempuan muslim untuk menutup aurat agar terjaga kehormatannya dan terlindungi.

Namun, seiring dengan perkembangan zaman, banyak muslimat masa kini yang memakai hijab hanya untuk fashion semata. Banyak yang berhijab, tetapi baju yang ia kenakan sangat ketat dan transparan. Sehingga, memperlihatkan bentuk tubuhnya. Bahkan, ada yang memakai hijab dengan baju t-shirt yang berlengan pendek atau ketika hanya ingin berpergian saja.

Padahal dalam Islam, setiap muslimat wajib hukumnya memakai hijab. Wanita wajib untuk menutup auratnya. Hanya boleh dilihat oleh mahramnya saja. Seperti firman Allah dalam Al-Qur’an surat Al-ahzab ayat 59, yang artinya:
“Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin: ‘Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka’. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Dengan demikian, wanita dalam Islam sangatlah mulia. Ia memiliki kedudukan yang tinggi. Sehingga, berpakaian pun sangat diatur dalam Islam. Berbanggalah menjadi seorang muslimat.

Dengan berhijab, menentukan idetitas seorang wanita dalam Islam.

Disclaimer

Wacana Edukasi adalah sarana edukasi masyarakat. Silakan kirimkan tulisan anda ke media kami. Wacana Edukasi akan melakukan seleksi dan menayangkan berbagai naskah dari Anda. Tulisan yang dikirim bisa berupa Opini, SP, Puisi, Cerpen, Sejarah Islam, Tsaqofah Islam, Fiqih, Story Telling, Olah raga, Kesehatan, Makanan, ataupun tulisan lainnya. Tulisan tidak boleh berisi hoaks, mengandung SARA, ujaran kebencian, dan bertentangan dengan syariat Islam. Tulisan yang dikirim sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis.

blank

Hits: 24

Comment here