Tabligul Islam

Mulianya Pribadi Rasulullah saw. terhadap Orang Tua

blank
Bagikan di media sosialmu

Wacana-edukasi.com — Zaman memang tak sama, tetapi pribadinya selalu menghiasi diri setiap muslim. Tatkala mencintainya dengan sepenuh hati, maka akan merasakan kenikmatan jiwa. Tak ada dendam, tak ada dengki, walaupun dicaci dan dihina.

Berbeda ketika tak meneladani akhlaknya, mungkin akan terbawa arus saat ini. Seperti yang terjadi pada seorang wanita berinisial FA (24) warga Lawang Kabupaten Malang diamankan polisi, dikarenakan videonya viral sedang menganiaya ibu kandungnya. Menurut penuturan FA, dia melakukan hal tersebut karena kesal tidak dibela saat dihajar oleh kakak ipar hingga babak belur (26/10).

Kasus yang selalu berulang. Seorang anak yang tega memperlakukan ibunya sendiri dengan semena-mena. Padahal, jika permasalahannya karena sakit hati, maka dapat dibicarakan baik-baik dan sopan. Dikarenakan, tindakan semacam itu tidaklah mencerminkan adab kepada orang tua.

Sesungguhnya, Rasulullah saw. mengajarkan untuk menyayangi anak kecil dan menghormati orang tua. Selain itu, Islam sangat memuliakan seorang ibu. Ini diperkuat dari kisah seorang laki-laki mendatangi Rasulullah Saw. lalu bertanya, “Wahai Rasulullah, siapakah orang yang paling berhak untuk aku muliakan?” Beliau menjawab, “Ibumu.” Ia bertanya lagi, “Kemudian siapa?” Beliau menjawab, “Ibumu.” Ia bertanya lagi, “Kemudian siapa?” Beliau menjawab, “Ibumu.” Ia bertanya lagi, “Kemudian siapa?” Beliau menjawab, “Bapakmu.” (HR. Bukhari)

Seyogianya, meneledani pribadi Rasulullah saw. akan mendapatkan pahala dari Allah Swt. Adapun beberapa adab yang baik dan akhlak yang mulia kepada orang tua, yaitu:

1. Berkata-kata dengan sopan dan penuh kelembutan, dan jauhi perkataan yang menyakiti hati orang tua;

2. Bersikap tawaduk kepada orang tua dan sikapilah mereka dengan penuh kasih sayang;

3. Tidak memandang orang tua dengan pandangan yang tajam, tidak bermuka masam atau wajah yang tidak menyenangkan;

4. Tidak meninggikan suara ketika berbicara dengan orang tua;

5. Dakwahi mereka kepada agama yang benar;

6. Jagalah kehormatan mereka.

Ummu Athifa

Disclaimer

Wacana Edukasi adalah sarana edukasi masyarakat. Silakan kirimkan tulisan anda ke media kami. Wacana Edukasi akan melakukan seleksi dan menayangkan berbagai naskah dari Anda. Tulisan yang dikirim bisa berupa Opini, SP, Puisi, Cerpen, Sejarah Islam, Tsaqofah Islam, Fiqih, Story Telling, Olah raga, Kesehatan, Makanan, ataupun tulisan lainnya. Tulisan tidak boleh berisi hoaks, mengandung SARA, ujaran kebencian, dan bertentangan dengan syariat Islam. Tulisan yang dikirim sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis.

blank

Hits: 5

Comment here