Surat Pembaca

Melihat Potensi Keberkahan di Sumedang

blank
Bagikan di media sosialmu

Wacana-edukasi.com — Sumedang bukan hanya dikenal sebagai kota tahu tetapi juga menyimpan banyak potensi dalam sektor pariwisata, makanan khas, kerajinan tradisional, disamping peternakan, kehutanan, dan pertanian. Keindahan alam yang dimiliki Sumedang menjadi salah satu daya tarik bagi sebuah rumah produksi sinetron dan layar lebar, Mizan Production untuk menjadikan kabupaten yang memiliki jumlah penduduk hampir satu juta jiwa ini sebagai lokasi syuting pembuatan film “Rumah Masa Depan”.

Dikutip dari kabar priangan (2/12/20), Film ini diproduksi langsung di wilayah Kabupaten Sumedang bertujuan untuk membantu mempromosikan potensi-potensi wisata yang ada di Sumedang. Lebih lanjut Produser Mizan Pictures menyampaikan bahwa keindahan alam Sumedang menjadi daya tarik pembuatan film ini. “Kabupaten Sumedang memiliki potensi wisata yang sangat besar dan kekayaan wisata alamnya mampu menjadi daya tarik untuk pembuatan film” Rumah Masa Depan” ini. Kita juga sudah berkeliling di Kabupaten Sumedang untuk menampilkan hal yang baru dan berbeda yang ada di Kabupaten Sumedang,” imbuhnya. Merespons hal tersebut Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menyampaikan harapannya agar dengan dibuatnya film dengan latar tempat kota tahu dapat menarik produser lain untuk memilih Sumedang sebagai tempat pebuatan film lainnya (Galamedia, 1/12/20).

Menjadikan film sebagai sarana mengenalkan potensi-potensi daerah salah satunya pariwisata merupakan salah satu cara yang cukup efektif dan berpeluang mengundang wisatawan datang. Namun, ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan, di antaranya tidak sedikit tempat wisata di berbagai daerah justru menjadi alat bisnis bagi para pemilik modal untuk memprivatisasi kepemilikan publik menjadi kepemilikan pribadi.

Keuntungan terbesar lagi-lagi bukan dirasakan oleh penduduk sekitar, tetapi oleh kapitalis lokal bahkan kapitalis asing. Kontak antara penduduk lokal dengan turis mancanegara yang memungkinkan terjadinya transfer nilai lama-lama dapat mengubah cara pandang hingga gaya hidup menjadi liberal. Menggenjot sektor pariwisata dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi tanpa mengindahkan rambu-rambu agama justru akan mengundang petaka.

Telah disampaikan di atas, bahwa Sumedang memiliki beragam potensi yang dapat dikembangkan. Selain mengoptimalkan sumber daya alamnya, meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan menisbatkannya pada pemahaman Islam yang kaffah menjadi aspek yang tidak kalah penting dalam mewujudkan masyarakat yang berdaya.

Berdaya bukan hanya karena dorongan keuntungan bahkan tuntutan melainkan atas dorongan keimanan. Dorongan keimanan ini pun perlu hadir dalam upaya mengembangkan sektor pariwisata, yakni dengan menjadikan tempat wisata sebagai uslub penyebaran dakwah Islam, sehingga wisatawan selain bisa rekreasi dengan mengindera keindahan alam juga memperoleh aspek spiritulanya yakni lebih mengenal penciptanya. Keberkahan pun akan diterima rakyat dan pemimpin negara.

 Rima Rahmawati – Sumedang

Disclaimer

Wacana Edukasi adalah sarana edukasi masyarakat. Silakan kirimkan tulisan anda ke media kami. Wacana Edukasi akan melakukan seleksi dan menayangkan berbagai naskah dari Anda. Tulisan yang dikirim bisa berupa Opini, SP, Puisi, Cerpen, Sejarah Islam, Tsaqofah Islam, Fiqih, Story Telling, Olah raga, Kesehatan, Makanan, ataupun tulisan lainnya. Tulisan tidak boleh berisi hoaks, mengandung SARA, ujaran kebencian, dan bertentangan dengan syariat Islam. Tulisan yang dikirim sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis.

blank

Hits: 10

Comment here