Surat Pembaca

Fokus Terhadap Pelayanan Kesehatan

blank
Bagikan di media sosialmu

Wacana-edukasi.com — Untuk meningkatkan ekonomi dari sektor kesehatan, pemerintah berwacana mengembangkan industri wisata medis di Indonesia. Terkait hal ini, pemerintah berencana juga memberikan pelonggaran izin untuk dokter asing masuk ke Indonesia.

Kebijakan tersebut terkesan menjadikan kesehatan sebagai alat untuk investasi demi meraih keuntungan semata. Padahal kesehatan merupakan kebutuhan individu yang penting dan mendesak. Sudah menjadi tanggung jawab negara dalam pemenuhannya, yang diwujudkan dalam bentuk penyediaan sarana dan fasilitas kesehatan yang layak, serta mudah diakses oleh masyarakat. Kesehatan sejatinya bukan dipandang sebagai objek komoditas bisnis.

Kebijakan mendatangkan dokter-dokter asing justru menghambat kemajuan dan mengancam keberadaan dokter-dokter di Indonesia. Seyogianya pemerintah lebih fokus dalam meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat serta mengoptimalkan sumber daya manusia (SDM) di bidang kedokteran. Terlebih saat ini, Indonesia belum terbebas dari pandemi Covid-19. Sehingga peningkatan fasilitas kesehatan yang standar, tenaga medis memadai, dan perbaikan persoalan distribusi dokter ke daerah-daerah menjadi hal yang sangat penting dilakukan

Bogor, 9 September 2020
Nurul Aqidah, Bogor

 

Disclaimer

Wacana Edukasi adalah sarana edukasi masyarakat. Silakan kirimkan tulisan anda ke media kami. Wacana Edukasi akan melakukan seleksi dan menayangkan berbagai naskah dari Anda. Tulisan yang dikirim bisa berupa Opini, SP, Puisi, Cerpen, Sejarah Islam, Tsaqofah Islam, Fiqih, Story Telling, Olah raga, Kesehatan, Makanan, ataupun tulisan lainnya. Tulisan tidak boleh berisi hoaks, mengandung SARA, ujaran kebencian, dan bertentangan dengan syariat Islam. Tulisan yang dikirim sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis.

blank

Hits: 0

Comment here