Surat Pembaca

Wujudkan Keselamatan Rakyat

blank
Bagikan di media sosialmu

Wacana-eukasi.com — Pandemi Covid-19 belum juga berakhir, kurang lebih 9 bulan lamanya kasus penyebarannya semakin meningkat. Berbagai kebijakan telah diterapkan, namun belum juga bisa menekan bahkan menghilangkan pandemi Covid-19.

Presiden Joko Widodo menyampaikan keselamatan rakyat di tengah pandemi COVID-19 saat ini merupakan hukum tertinggi. Oleh sebab itu, penegakan disiplin terhadap protokol kesehatan sudah semestinya dilakukan dengan tegas. (16/11)

Pandemi Covid-19 butuh kesadaran bersama dan peraturan yang tegas bagi siapapun yang melanggar protokol kesehatan. Kesadaran masyarakat tentang edukasi bahaya Covid-19 menjadi salah satu faktor kedisiplinan pencegahan melalui 3M masih sangat minim.

Begitupula peran aktif pemerintah dalam mengupayakan kondisi dan situasi yang tak akan memantik contoh pelanggaran protokol kesehatan. Dengan berbagai rangkaian proses pemilihan kepala daerah serta kemarahan masyarakat yang berujung pada demontrasi, sehingga kerumunan tanpa memperhatikan pencegahan penyebaran Covid-19 tak bisa terhindarkan.

Namun, penegakan disiplin protokol kesehatan yang dinilai sebagai hukum tertinggi tak sejalan dengan berbagai pelanggaran dimasa kampanye Pilkada, pengesahan UU Ciker, dll. Cacatnya sistem Demokrasi menjadi sebab hukum tertinggi untuk menyelamatkan rakyat hanyalah ilusi semata.

Sebagai institusi resmi, negara bertanggung jawab atas solusi bukan hanya sekedar pernyataan. Menjadikan sebenar-benarnya keselamatan rakyat sebagai hukum tertinggi, tak hanya itu sanksi pelanggaran tak boleh pilih-pilih.

Adapun teknis upaya penanganan Covid-19 bisa melalakukan pemisahan orang-orang yang sakit dan sehat melalui test swab serentak pada seluruh masyarakat Indonesia. Selain itupula negara hendaknya berkoordinasi dengan para ilmuwan untuk meneliti virus Covid-19, sehingga upaya klinis bisa juga dilakukan sebagai pencegahan maupun pengobatan.

Menghargai satu nyawa lebih berarti daripada seisi dunia, maka kebijakan itupun dicontohkan oleh Rasulullah dalam mengatasi pandemi dimasa Islam diterapkan secara sempurna. Keselamatan rakyat menjadi hal yang tak bisa ditawar, apalag hanya demi kekuasaan semata.

Sri Astuti Am.Keb
Tangerang

Disclaimer

Wacana Edukasi adalah sarana edukasi masyarakat. Silakan kirimkan tulisan anda ke media kami. Wacana Edukasi akan melakukan seleksi dan menayangkan berbagai naskah dari Anda. Tulisan yang dikirim bisa berupa Opini, SP, Puisi, Cerpen, Sejarah Islam, Tsaqofah Islam, Fiqih, Story Telling, Olah raga, Kesehatan, Makanan, ataupun tulisan lainnya. Tulisan tidak boleh berisi hoaks, mengandung SARA, ujaran kebencian, dan bertentangan dengan syariat Islam. Tulisan yang dikirim sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis.

blank

Hits: 0

Comment here