Surat Pembaca

Pilkada saat Pandemi, Yakin?

blank
Bagikan di media sosialmu

Wacana-edukasi.com — Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 akan segera dilaksanakan secara serentak. Awalnya, akan dilaksanakan di bulan September, namun karena adanya pandemi kemudian diundur menjadi bulan Desember mendatang.

Namun jika kita melihat kepada laju perkembangan Covid-19 di Indonesia, nyatanya Indonesia masih belum aman. Hingga saat ini kurva belum juga melamban. Jumlah kasus kian bertambah setiap harinya, bahkan hingga ribuan kasus per hari.

Mahfud MD mengatakan, Pilkada ini akan tetap dilaksanakan sebab tidak ada yang memberi kepastian kapan Covid-19 ini akan berakhir. Bahkan di negara-negara lain saja pemilu tidak ditunda.

Tentu kebijakan ini perlu dikaji ulang. Sebab negara lain berhasil menekan laju Covid-19, mereka begitu cepat dan tanggap dalam menangani wabah ini. Adapun penanganan di Indonesia masih tergolong lambat dan santai.

Konvoinya para calon kepala daerah untuk mendaftar ke KPU di sejumlah daerah saja sudah memberikan bukti lemahnya pemerintah dalam menghambat laju wabah ini. Belum lagi jika hal ini terjadi di seluruh daerah. Tentu potensi penularan akan lebih besar terjadi.

Maka sejatinya menjaga kesehatan dan keselamatan rakyat adalah hal utama yang mesti diperhatikan, ketimbang mendahulukan kepentingan-kepentingan yang ingin diraih dari adanya Pilkada ini.

Sandra Ansoriah

Dramaga-Bogor

Disclaimer

Wacana Edukasi adalah sarana edukasi masyarakat. Silakan kirimkan tulisan anda ke media kami. Wacana Edukasi akan melakukan seleksi dan menayangkan berbagai naskah dari Anda. Tulisan yang dikirim bisa berupa Opini, SP, Puisi, Cerpen, Sejarah Islam, Tsaqofah Islam, Fiqih, Story Telling, Olah raga, Kesehatan, Makanan, ataupun tulisan lainnya. Tulisan tidak boleh berisi hoaks, mengandung SARA, ujaran kebencian, dan bertentangan dengan syariat Islam. Tulisan yang dikirim sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis.

blank

Hits: 0

Comment here