Surat Pembaca

Pariwisata Ancam Satwa

blank
Bagikan di media sosialmu

Wacana-edukasi.com — Pemerintah sedang membangun obyek wisata di Pulau Rinca dan Pulau Komodo. Menko Maritim menyebutkan alasan komersil adalah motif utama. Pulau Komodo merupakan satu-satunya Pulau di dunia yang dihuni hewan Komodo yang dilindungi.

Eksplorasi alam Pulau Komodo dipastikan mengancam eksistensi Komodo. Padahal Komodo merupakan Satwa langka yang hampir punah. Selain itu, ekosistemnya akan terganggu. Belum lagi dampak sosial juga tidak akan bisa dihindari.

Kurang lebih satu dekade ini sektor pariwisata digenjot pemerintah sebagai sumber APBN. Kondisi Alam dengan iklim tropis mendukung Indonesia untuk memiliki kekayaan ragam hayati baik satwa dan faunanya. Dengan pandangan kapitalisme, segala hal yang dapat mengantarkan keuntungan pasti akan menjadi perhatian utama. Dampak lingkungan dan sosial tak lagi dihiraukan.

Mirisnya,  semua dilakukan secara legal. Negara berlepas tangan karena status kepemilikan sudah berpindah ke swasta. Pengelolaannya pun dari hulu hingga hilir dikuasai oleh swasta. Alhasil, rakyat hanya kecipratan limbahnya.

Begitulah serakahnya sistem kapitalisme. Prinsip egois dan tega asal dapat untung menjadi pegangan. Apapun yang tersedia di alam, tidak lagi menjadi anugerah yang disyukuri. Yang terjadi justru apapun yang menghasilkan pundi materi harus dieksplor semaksimal mungkin hingga tetes terakhir.

Indonesia terletak di garis khatulistiwa merupakan sisi geografis yang sangat menguntungkan. Namun jika diatur dengan bijak, kesejahteraan masyarakat Indonesia pasti akan terwujud. Bahkan keberadaan satwa dan fauna yang beragam akan tetap lestari. Ketika SDA dipastikan status kepemilikannya adalah milik umum, maka negara hanyalah membantu pengelolaannya. Lalu hasilnya akan dikembalikan kepada rakyat. Dalam hal mengelola SDA ini, negara juga akan memperhatikan aspek lingkungan serta dampak-dampak yang ditimbulkan.

Pariwisata menjadi salah satu sarana untuk mendapatkan hiburan. Namun hiburan ini diharapkan juga dapat mewujudkan rasa syukur kepada sang khaliq. Rasa syukur ini akan meningkatkan aspek keimanan, yang menimbulkan rasa sayang terhadap alam juga satwa. Karena itu, Indonesia yang dianugerahi komodo ini seharusnya bisa menjaga titipan Ilahi ini.

Yuni Kartikajasa
Sleman, Yogyakarta

Disclaimer

Wacana Edukasi adalah sarana edukasi masyarakat. Silakan kirimkan tulisan anda ke media kami. Wacana Edukasi akan melakukan seleksi dan menayangkan berbagai naskah dari Anda. Tulisan yang dikirim bisa berupa Opini, SP, Puisi, Cerpen, Sejarah Islam, Tsaqofah Islam, Fiqih, Story Telling, Olah raga, Kesehatan, Makanan, ataupun tulisan lainnya. Tulisan tidak boleh berisi hoaks, mengandung SARA, ujaran kebencian, dan bertentangan dengan syariat Islam. Tulisan yang dikirim sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis.

blank

Hits: 0

Comment here