Syiar IslamTabligul Islam

Menghargai Waktu

blank
Bagikan di media sosialmu

Oleh: Choirunnisa Al Maqfirotul Ilmi

Wcana-edukasi.com — Waktu adalah salah satu nikmat dari Allah Swt. Sehingga kita harus menghargai nikmat itu sebagai tanda syukur kepadaNya. Karena, jika kita tidak menghargai waktu, sama saja kita mengkufuri nikmat Allah Swt.

Setiap kaum Muslim, harus menghargai waktu dengan tepat. Agar kita menjadi orang-orang yang beruntung di dunia dan akhirat.

Cara tepat menghargai waktu adalah, sebagaimana sabda Rasulullah Saw, yang artinya “Diantara tanda kebaikan keIslaman seseorang adalah jika dia meninggalkan hal-hal yang tidak bermanfaat baginya.” (Hadits hasan diriwayatkan oleh at Tirmidzi no. 2318 dan lainnya). Contoh hal-hal yang tidak bermanfaat adalah, nonton TV berlama-lama, main game, tidur terlalu lama, membicarakan keburukan orang lain, main judi, main Tik-tok, melamun, menghayal, dan sebagainya.

Islam mengajarkan kita untuk menghargai waktu sejak usia dini. Agar kita terbiasa menjadi orang disiplin ketika sudah dewasa.

Menghargai waktu sangat bermanfaat untuk kita. Agar waktu yang kita gunakan tidak sia-sia dan terbuang percuma. Karena Allah akan meminta pertanggung jawaban atas waktu yang kita gunakan.

Menghargai waktu harus dilakukan oleh setiap Muslim, agar menjadi orang-orang yang selamat di dunia dan di akhirat kelak. Waallahu ‘alam bishowab.

Disclaimer

Wacana Edukasi adalah sarana edukasi masyarakat. Silakan kirimkan tulisan anda ke media kami. Wacana Edukasi akan melakukan seleksi dan menayangkan berbagai naskah dari Anda. Tulisan yang dikirim bisa berupa Opini, SP, Puisi, Cerpen, Sejarah Islam, Tsaqofah Islam, Fiqih, Story Telling, Olah raga, Kesehatan, Makanan, ataupun tulisan lainnya. Tulisan tidak boleh berisi hoaks, mengandung SARA, ujaran kebencian, dan bertentangan dengan syariat Islam. Tulisan yang dikirim sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis.

blank

Hits: 3

Comment here