Surat Pembaca

Membumikan Al Qur’an

blank
Bagikan di media sosialmu

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Nasional ke-28 Tahun 2020 secara virtual yang digelar di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat.

Dalam sambutannya, Jokowi menyebut bahwa penyelenggaraan MTQ merupakan wujud keinginan kuat untuk membumikan ajaran Al-Qur’an serta menegakkan syiar Islam untuk memperkokoh nilai-nilai agama dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat dan berbangsa.

“Bagi kaum muslimin, Al-Qur’an merupakan sumber petunjuk dan pedoman hidup yang aktual sepanjang masa berisi nilai-nilai luhur universal yang sejalan dengan fitrah manusia yang hanif. Al-Qur’an mengajak semua manusia untuk bekerja sama dalam ketakwaan dan kebaikan,” ujar Jokowi dalam tayangan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (14/11).

Jokowi mengatakan dalam mengamalkan ajaran Al-Qur’an, sudah sepatutnya umat Islam meneladani pribadi Nabi Muhammad saw. yakni kepribadian dengan kemuliaan akhlak yang bersumber dari Al-Qur’an, menebarkan kasih sayang, dan menjauhkan diri dari perkataan serta perbuatan yang menyakiti sesama.

Dari sambutan Bapak Jokowi tadi, sudah seyogianya kaum muslim diberi ruang untuk menerapkan isi Al-Qur’an, mengingat di bumi Indonesia yang mayoritas muslim ini, umat Islam baru diberi kebebasan dalam menerapkan hukum Islam dalam ranah pribadi sedangkan di ranah publik belum bisa eksis karena sistem yang diterapkan hari ini masih mengacu pada sistem kapitalisme-sekularisme.

Jika umat Islam diberi kesempatan untuk membumikan kitab suci Al-Qur’an, maka stop segala stigma negatif terhadap ajaran-ajaran Islam dan stop pula mengkriminalisasi para ulama karena mereka pewaris para nabi.

Al-Qur’an tidak hanya mengandung ajaran terbatas akhlak saja tapi menyangkut seluruh aspek kehidupan, sehingga membumikan Al-Qur’an berarti menerapkan Islam secara kaffah dalam bingkai khilafah Islamiyah.

Semoga isi sambutan Presiden Jokowi tersebut menjadi kenyataan, sehingga umat Islam di Indonesia bisa menerapkan Islam secara totalitas dan harapan Indonesia menjadi negara yang baldatun thayyibatun wa robbun ghofur bisa segera terwujud.

Emmy Emmalya, Bogor

Disclaimer

Wacana Edukasi adalah sarana edukasi masyarakat. Silakan kirimkan tulisan anda ke media kami. Wacana Edukasi akan melakukan seleksi dan menayangkan berbagai naskah dari Anda. Tulisan yang dikirim bisa berupa Opini, SP, Puisi, Cerpen, Sejarah Islam, Tsaqofah Islam, Fiqih, Story Telling, Olah raga, Kesehatan, Makanan, ataupun tulisan lainnya. Tulisan tidak boleh berisi hoaks, mengandung SARA, ujaran kebencian, dan bertentangan dengan syariat Islam. Tulisan yang dikirim sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis.

blank

Hits: 3

Comment here