Surat Pembaca

Berhijab Nyeremin?

blank
Bagikan di media sosialmu

Wacana-edukasi.com — Beberapa hari ini viral pernyataan Ibu Negara Prancis, Brigitte Macron, yang mengatakan bahwa, “Wanita muslim dengan kerudung atau hijab membuat takut anak-anak.” Netizen mengomentari pernyataan itu dengan menyandingkan foto Brigitte Macron dengan foto muslimah berkerudung, ada juga yang memakai cadar.

Pernyataan Brigitte jelas tidak berdasar dan merupakan bukti nyata kebenciannya terhadap Islam. Allah telah mengingatkan manusia di dalam surat Ali Imran ayat 118 yang artinya, “Sungguh, telah nyata kebencian dari mulut mereka, dan apa yang tersembunyi di hati mereka lebih jahat. Sungguh, telah Kami terangkan kepadamu ayat-ayat (Kami), jika kamu mengerti.”

Sudah menjadi tabiat mereka, bahwa mereka akan selalu membenci Islam. Melakukan segala daya dan upaya untuk mencitraburukkan Islam dan aturan-aturannya. Jangan sampai umat muslim, termakan gosip receh ini dan merasa malu untuk berhijab. Lalu menjadikan pembenaran untuk tidak berhijab. Makin salah kaprah dan kacau. Inilah salah satu sebab kaum muslim harus dalil wajibnya berhijab. Jangan asal ikut tren yang ada. Seakan imannya ikut arus tren.

Allah Swt.mewajibkan seorang muslimah yang sudah balig untuk memakai hijab supaya terjaga kehormatannya. Karena dengan memakai hijab, para lelaki segan untuk menggoda. Hijab juga merupakan penanda identitas sebagai seorang muslimah. Seperti dijelaskan dalam firman Allah Swt.dalam surat Al Ahzab ayat 59 yang artinya, “Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin. Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Dalil lainnya ada di surat An-Nur ayat 31 yang artinya, “Katakanlah kepada wanita yang beriman. Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya ….”

Rasul saw. telah mengingatkan bahwa ada masa di mana taat aturan Islam itu seperti memegang bara api. Dari Anas bin Malik ra. Rasulullah saw. bersabda, “Akan datang kepada manusia suatu zaman, orang yang berpegang teguh pada agamanya seperti orang yang menggenggam bara api.” (HR. Tirmidzi no. 2260. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini hasan)

Sebagai muslim yang cerdas, sudah seharusnya pandai dan bijak dalam menanggapi hate speech-nya para pembenci Islam. Harus senantiasa memupuk iman dengan amalan-amalan sunah dan memperkokoh dengan menuntut ilmu agama.

Tri Purwasih. P (C.L.F) (Mentor KISRA Batam)

Disclaimer

Wacana Edukasi adalah sarana edukasi masyarakat. Silakan kirimkan tulisan anda ke media kami. Wacana Edukasi akan melakukan seleksi dan menayangkan berbagai naskah dari Anda. Tulisan yang dikirim bisa berupa Opini, SP, Puisi, Cerpen, Sejarah Islam, Tsaqofah Islam, Fiqih, Story Telling, Olah raga, Kesehatan, Makanan, ataupun tulisan lainnya. Tulisan tidak boleh berisi hoaks, mengandung SARA, ujaran kebencian, dan bertentangan dengan syariat Islam. Tulisan yang dikirim sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis.

blank

Hits: 3

Comment here