Surat Pembaca

Berjilbab Sejak Dini Mendidik Anak Taat Syariat

blank
Bagikan di media sosialmu

wacana-edukasi.com — Baru-baru ini beredar video dari akun twitter DW (Deutsche Welle) Indonesia berjudul “Apakah anak-anak yang dipakaikan #jilbab itu memiliki pilihan atas apa yang ingin ia kenakan?” Video itu pun mengundang kritik keras dari warganet. Sebab, isinya dinilai mengandung unsur provokatif dan menebar Islamofobia di kalangan umat.

Mereka berpendapat jika orang tua memaksakan kehendaknya pada anak untuk taat syariat akan menjadikan anak-anaknya eksklusif dan setelah dewasa ia akan mempertanyakan identitasnya sendiri. Apa benar terjadi pemaksaan disini?

Pendidikan anak dalam Islam tidak ada unsur pemaksaan, yang benar adalah unsur pemahaman akidah, bahwa hidup didunia hanyalah demi beribadah kepada Allah Swt., dimana manusia wajib bertaqwa (menjalankan segala aturanNya dan menjauhi segala laranganNya), maka tugas orang tualah untuk membiasakan perbuatan taat syariat sejak dini kepada anak-anaknya sebagai proses pemantapan akidah agar saat baligh mereka sudah terbiasa taat serta dapat membentengi anak dari pengaruh buruk pemikiran liberal sekularisme.

Nabila Zidane, Surabaya

Disclaimer

Wacana Edukasi adalah sarana edukasi masyarakat. Silakan kirimkan tulisan anda ke media kami. Wacana Edukasi akan melakukan seleksi dan menayangkan berbagai naskah dari Anda. Tulisan yang dikirim bisa berupa Opini, SP, Puisi, Cerpen, Sejarah Islam, Tsaqofah Islam, Fiqih, Story Telling, Olah raga, Kesehatan, Makanan, ataupun tulisan lainnya. Tulisan tidak boleh berisi hoaks, mengandung SARA, ujaran kebencian, dan bertentangan dengan syariat Islam. Tulisan yang dikirim sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis.

blank

Hits: 11

Comment here